TK ISLAM AL A’RAAF berupaya menerapkan metode BCCT (Beyond Centre and Circle Time) yaitu menggunakan sistem SENTRA sebagai pusat kegiatan bermain sambil belajar.

1. Sentra imajinasi

Tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan IMTAQ, IPTEK, akhlaqul karimah dan imajinasinya. Anak diberi kesempatan untuk memerankan tugas keluarga dan lingkungannya dari berbagai profesi, tata cara kebiasaan dalam keluarga dengan berbagai perlengkapan rumah tangga serta kegiatan lingkungan sekitar yang dilihat anak dalam kehidupan sehari-hari termasuk kehidupan beragama keluarga.

2. Sentra rancang bangun

Tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan kemampuan dasar agar anak lebih memahami konsep bentuk, ukuran, jumlah, pecahan, ruang, warna, dsb. Melatih anak memecahkan masalah serta menuntun anak menuju persiapan membaca. Anak dapat mengembangkan konsep angka, ukuran, bentuk, ruang, berat, bahasa, sosial, serta kepercayaan diri.

3. Sentra persiapan

Tempat anak bermain sambil belajar untuk mengembangkan IMTAQ, IPTEK, akhlaqul karimah, bahasa, kognitif, motorik halus & kasar, seni, dan pembiasaan untum menuju kesiapan membaca, menulis, dan menghitung dengan menggunakan alat-alat permainan edukatif.

4. Sentra eksplorasi

Tempat anak bermain sambil belajar untuk melakukan kegiatan dengan berbagai alat yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak yang terdiri dari alat dan bahan alam, baik yang kering maupun yang basah. Di sentra ini anak dapat mengembangkan IMTAQ, IPTEK, akhlaqul karimah, bahasa, kognitif, motorik halus & kasar, seni, dan pembiasaan.

5. Sentra seni kreatifitas

Tempat anak bermain sambil belajar untuk melakukan kegiatan dalam bidanh seni lukis, seni gerak, dan seni kreatifitas lainnya yang dapat merangsang dan menguatkan pertumbuhan otot dan otak kanan yang mengembangkan fantasi, inisiatif, dan astetis dengan menggunakan alat permainan edukatif.

Categories: Profil

582 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

;